KUE KEMBANG GOYANG

Kue kembang goyang, popular dikenal juga bersama nama kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatera, merupakan salah satu kue tradisional nusantara yang popular disajikan sebagai kue lebaran untuk para kerabat dan tamu yang bersilaturahmi dikarenakan rasanya yang renyah dan gurih.

Sementara bagi penduduk Bali, lebih-lebih pemeluk agama Hindu, umumnya kenakan kue kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan.

Sesuai namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang tengah mekar. Kembang goyang sendiri merupakan nama sejenis perhiasaan yang dipasangkan di rambut atau sanggul (konde) dan bisa bergerak-gerak/bergoyang dikarenakan miliki pegas.

BAHAN :
200 gr tepung beras
65 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt garam
250 ml santan berasal dari 1/2 butir kelapa
2 sdm wijen
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :
1. Campur tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk hingga merata.
2. Tuangkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk-aduk hingga tercampur rata.
3. Panaskan cetakan kembang goyang di dalam minyak yang udah dipanaskan.
4. Celupkan cetakan ke di dalam adonan, sesudah itu masukkan ke di dalam minyak sambil digoyang goyang hingga kue terlepas berasal dari cetakan.
5. Goreng kue hingga matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
6. Angkat, tiriskan. Kue kembang goyang siap disajikan atau bisa disimpan di dalam stoples kedap hawa untuk merawat kerenyahannya dan lebih tahan lama.

Untuk 475 gram. 

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : News

Healthy IF adalah sebuah blog personal yang membahas berbagai macam informasi dari berbagai macam dunia kesehatan dari mulai manfaat hingga bahaya yang ditimbulkan dari berbagai macam tumbuhan dan lain sebagainya.